Administrative Reform

eJournal Program Magister Ilmu Administrasi Publik

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DAN TATA KELOLA HUTAN (Studi Pada Dinas Kehutanan Dan Perkebunan Kabupaten Nunukan) (Devi Ruyen)

Submitted by: Ruyen, Devi
On: Aug 28, 2014 @ 4:58 AM
IP: 114.124.26.88

  • Judul artikel eJournal: ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DAN TATA KELOLA HUTAN (Studi Pada Dinas Kehutanan Dan Perkebunan Kabupaten Nunukan)
  • Pengarang (nama mhs): Devi Ruyen
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan Penelitian ini adalah untuk untuk menganalisis katagori kualitas layanan publik dan tata kelola hutan pada Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Nunukan. Dengan Fokus Penelitian adalah berkaitan dengan kualitas layanan publik dan tata kelola di lingkungan Dinas Kehutanan dan Perkebunan. Dinas Kehutanan dan Perkebunan. Pelayanan publiknya banyak bersentuhan dengan masyarakat, terutama masyarakat yang mengurus perizinan bidang kehutanan dan perkebunan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Tujuan penelitian ini untuk menguji hipotesis yang diajukan sebelumnya.
    Penelitian ini menyimpulkan beberapa hal penting. Pertama, hasil penilaian menunjukkan bahwa empat dimensi kualitas pelayanan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Nunukan, ditinjau dari prinsip Keandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance ), dan Bukti Langsung (Tangible), berada pada kategori “kurang baik” dalam pemberian pelayanan publik. Sementara itu, prinsip empati berada pada kategori “baik”. Kedua, hasil penilaian menunjukkan bahwa tiga komponen tata kelola hutan, ditinjau dari perspektif partispasi, transparansi, efektivitas berada pada kategori kurang baik dalam pemberian pelayanan publik. Sementara itu, keadilan berada pada kategori “tidak baik”. Ketiga, hasil penelitian ini mengindikasikan adanya pola hubungan antara kualitas layanan dan tata kelola hutan. Ketika mayoritas komponen kualitas pelayanan berada pada klasifikasi “kurang baik”, maka tata kelola hutan juga berada pada klasifikasi “kurang baik”.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan Publik, Tata Kelola Hutan
  • NIM: 1302016107
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program: Magister Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Tesis
  • Pembimbing: Prof. DR. H. Adam Idris, M.Si dan DR. HM. Jamal Amin, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrative Reform
  • Volume: 2
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2014
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): artikel_ejournal_deviruyen (08-28-14-04-58-10).doc (142 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): artikel_ejournal_deviruyen (08-28-14-04-58-10).pdf (380 kB)