Administrative Reform

eJournal Program Magister Ilmu Administrasi Publik

PERILAKU BIROKRASI DALAM PEMBERIAN PELAYANAN PUBLIK (Studi Pada Badan Koordinasi Penanaman Modal Dan Perijinan Terpadu Kabupaten Nunukan) (Serfianus)

Submitted by: ,
On: Aug 26, 2014 @ 6:08 AM
IP: 36.82.223.36

  • Judul artikel eJournal: PERILAKU BIROKRASI DALAM PEMBERIAN PELAYANAN PUBLIK (Studi Pada Badan Koordinasi Penanaman Modal Dan Perijinan Terpadu Kabupaten Nunukan)
  • Pengarang (nama mhs): Serfianus
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis klasifikasi perilaku Birokrasi dan kualitas pelayanan dalam pemberian pelayanan publik pada Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Nunukan. Data primer dikumpul melalui kuesioner dari 45 pegawai Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu dan 13 pengusaha kecil dan menengah.
    Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Metode ini menggunakan struktur teori untuk membentuk hipotesis dan kemudian menggunakan fakta atau data empiris untuk menguji hipotesis untuk mendapat kesimpulan.
    Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa simpulan penting. Petama, perilaku birokrasi Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BKPMPT), ditinjau dari aspek ketaatan kerja, ketekunan kerja, pertanggungjawaban, kepuasaan kerja, dan disiplin kerja, semua berada pada klasifikasi minimal “baik” dalam pemberian pelayanan publik, Kedua, kualitas pelayanan Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu berada dalam klasifikasi minimal baik dalam pemberian pelayanan publik, Ketiga, hasil penelitian ini mengindikasikan pola hubungan antara perilaku birokrasi dan kualitas pelayanan publik. Ketika perilaku birokrasi berada pada klasifikasi baik, maka kualitas pelayanan juga berada pada klasifikasi “baik”.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Perilaku Birokrasi dan Kualitas Pelayanan.
  • NIM: 1202016104
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program: Magister Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Tesis
  • Pembimbing: Dr. H. Achmad Djumlani, M.Si dan Dr. DB. Paranoan, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrative Reform
  • Volume: 2
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2014
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (3) (08-26-14-06-08-15).doc (204 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (3) (08-26-14-06-08-15).pdf (319 kB)